PS 4 vs PS 5, Manakah yang Lebih Baik? Ketahui Perbedaannya Berikut Ini

PS 4 vs PS 5

Ranah media - Bagi para pecinta game konsol tentunya memperoleh kabar bahagia di penghujung tahun 2020 lalu. Pasalnya, bulan November 2020 lalu, perusahaan Sony telah meluncurkan generasi konsol terbarunya, yaitu PlayStation 5. Sony mengklaim bahwa PlayStation 5 yaitu update dari generasi yang sebelumnya, PlayStation 4.

Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahui semakin dalam tentang PlayStation 5, selain mengetahui perbandingan harga PS 4 dengan PS 5, yuk simak artikel berikut ini untuk ulasan lengkap perbedaan PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4).

Desain

Segi desain pada PS4 dan PS4 Pro mempunyai rancangan yang mirip, yaitu bentuk yang seperti sandwich. Hanya saja pada varian PS4 Pro lebih gemuk namun keduanya mempunyai jejak yang sama pada kabinet AV. Sementara untuk PS5 mempunyai desain yang futuristik dengan didominasi elemen putih. PS5 akan terlihat lebih elegan saat posisi berdiri. 

Seperti PS4 yang ada dua varian, yaitu PS4 dan PS4 Pro, pada PS5 juga hadir varian PS5 versi standar dan PS5 versi digital. PS5 versi digital lebih kecil dan ringan karena tidak termasuk drive disk. 

Segi tampilan kedua varian PS5 mempunyai bodi yang hampir sama. Namun yang membedakan pada ketinggian apabila diperhatikan lebih cermat. 

Kapasitas memori dan penyimpanan

PlayStation5 merupakan peningkatan dari versi PS4. Kapasitas RAM dan jumlah proses yang bisa ditangani menjadi perbedaannya. Selain itu, kemampuan penyimpanan cukp signifikan perbedaannya untuk kedua generasi game konsol ini. 

Pada generasi PS4 dan PS4 Pro masing-masing dibekali dengan 8GB RAM DDR5. Sedangkan pada PS5 dibekali peningkatan RAM menjadi 16GB GDDR6. Dalam segi kemampuan penyimpanan, PS4 menggabungkan penyimpanan HDD 500GB, sedangkan versi yang Pro ditingkatkan sampai 1TB. 

Pada generasi baru game konsol dari Sony dibekali dengan kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Akan tetapi kelebihan dari PlayStation5 adalah perangkat yang hadir dengan teknologi SSD. Teknologi SSD dapat mempercepat waktu baca dan tulis sehingga game bisa memuat hanya dalam hitungan detik. 

Processing dan Grafis

Pada PS4 dan PS4 Pro menggunakan chipset octa-core x86-64 AMD Jaguar memiliki kesamaan yang tak jauh beda. Pada PS5 mengadopsi prosesor yang jauh lebih canggih dan dibuat dengan desain yang mirip dengan octa-core Zen 2 AMD. Prosesor tersebut berjalan pada 3,5GHz per core sebagai permulaan sehingga membuatnya lebih cepat. 

Pada grafik, semuanya ditanami chip Radeon. Sedangkan pada sisi GPU masing-masing berjalan dalam 36 unit komputasi, yaitu: 

  • 1,84 TFLOPS = PS4 
  • 4,20 TFLOPS = PS4 Pro 
  • 10,3 TFLOPS = PS5 

PS4 pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menampilkan grafis 1080p serta pada versi Pro pada 4K, 30fps. Sedangkan pada PS5 bisa memainkan game 4K, 60fps penuh, bahkan 120fps pada suatu kesempatan. PS5 ini juga mampu memenuhi resolusi 8K.

Kontroler

Setelah selama bertahun-tahun menggunakan kontroler DualShock pada generasi konsol sebelumnya, perusahaan Sony pada akhirnya memberikan inovasi kontroler DualSense di generasi PS5. 

Salah satu fitur baru yang ditambahkan ke pengontrol DualSense yaitu Haptic Feedback yang mendalam. DualSense tersebut dapat memberikan feedback yang nyata pada pemain untuk merasakan sensasi bermain yang lebih memuaskan. 

Perbandingan Harga

Berkaitan dengan harga, untuk saat ini harga PS 4 berkisar antara 4 jutaan hingga 5 jutaan tergantung tipe dan spesifikasinya. Sedangkan untuk harga PS 5 berkisar antara 6 hingga 7 jutaan. Spesifikasi game konsol yang ditingkatkan secara besar-besaran serta implementasi teknologi SSD membuat PS5 dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan PS4.

Tidak ada komentar untuk "PS 4 vs PS 5, Manakah yang Lebih Baik? Ketahui Perbedaannya Berikut Ini"