Mengenal Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik BukuWarung dan Panduan Penggunaannya


 

Ranah Media - Untuk memajukan bisnis, selain harus kreatif dan inovatif, Anda juga harus memiliki manajemen keuangan yang baik dan benar agar tidak kecolongan. Salah satu cara termudah mengelola catatan finansial usaha adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan, seperti Buku Warung. 

Aplikasi Buku Warung merupakan solusi praktis untuk mencatat keuangan usaha secara mudah. Karena Anda dapat menggunakannya saat online maupun offline dengan berbekal ponsel pintar saja. Tidak mengherankan kalau aplikasi ini sudah diunduh oleh jutaan pelaku bisnis UMKM di Indonesia. 

Fitur Utama Aplikasi Buku Warung 

  • Mencatat keuangan secara praktis (pemasukan, pengeluaran, transaksi usaha). 
  • Laporan laba / keuntungan otomatis (harian, mingguan, bulanan, dan waktu custom. 
  • Catat dan update jumlah maupun harga produk secara otomatis saat mencatat transaksi. 
  • Mengirim penagihan utang otomatis via chat pada tanggal jatuh tempo. 
  • Membayar dan menerima pembayaran transaksi melalui e-wallet atau antar bank (bebas biaya admin). 

 

Panduan Menggunakan Aplikasi Buku Warung untuk Pemula

Bagi yang belum pernah menggunakan Buku Warung, mungkin akan merasa ragu untuk mengunduhnya sebab berpikir kalau aplikasi ini sulit digunakan. Namun, sebenarnya Buku Warung sangat user friendly, termasuk bagi pemula yang baru belajar pakai aplikasi keuangan digital. 

Berikut ini adalah cara menggunakan Buku Warung: 

  • Download dan instal aplikasi Buku Warung 
  • Buka aplikasi 
  • Masukkan nomor hp aktif untuk keperluan mengirimkan kode OTP 
  • Pilih opsi pengiriman kode OTP, baik melalui SMS / WA 
  • Input kode yang diterima 
  • Tunggu proses verifikasi nomor hp 
  • Sekarang Anda sudah bisa mulai menggunakan aplikasi Buku Warung 

 

Mengenal Menu Utama Dalam Aplikasi Buku Warung

Secara umum, Buku Warung terdiri atas 3 menu utama. Berikut adalah daftar menu dan fungsinya yang nantinya akan sering Anda gunakan apabila memutuskan untuk pakai Buku Warung:

1. Menu Transaksi

Digunakan untuk mencatat berbagai transaksi keuangan, mulai dari pengeluaran (membeli barang), dan pemasukan (barang terjual). Pada menu ini, Anda dapat mencatat berbagai hal, seperti nominal pemasukan / pengeluaran, harga pokok, waktu, kategori, detail produk, dsb.

Saat melakukan transaksi, baik pengeluaran maupun pemasukan, maka catat pada masing-masing kategori. Selanjutnya, simpan tulisan tersebut untuk membuat catatan transaksi.

2. Menu Utang Piutang

Sesuai namanya, menu ini digunakan untuk membuat catatan hutang dan pembayaran hutang pelanggan secara praktis. Kalau ada yang hutang, maka dicatat pada menu ini dengan kategori “Berikan”. Sedangkan untuk pembayaran, catat pada bagian “Terima”.

Anda juga dapat menambahkan kontak pelanggan yang berhutang untuk mempermudah melakukan penagihan nantinya. Bagaimana, sangat praktis dan berguna sekali, bukan? 

3. Menu Saya

Bagian Menu Saya digunakan untuk mengatur profil, digital payment, dsb. Anda dapat mengatur profil usaha semenarik mungkin agar tampak keren. Menariknya, untuk transaksi digital yang dilakukan melalui Buku Warung, Anda tidak dikenakan biaya admin sepeserpun. 

Dengan menggunakan aplikasi pencatat keuangan terbaik Buku Warung. Sekarang Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan masalah catatan finansial usaha, termasuk penagihan hutang ke pelanggan. Karena semua hal tersebut dapat diselesaikan hanya dengan mengunduh Buku Warung.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik BukuWarung dan Panduan Penggunaannya"