Equity Crowdfunding, Solusi Mendapatkan Modal untuk UMKM

Ranah Media - Mendapatkan uang untuk mendanai bisnis atau modal usaha Anda adalah proses yang rumit. Ada banyak jenis opsi pendanaan yang tersedia, dengan dua opsi paling populer adalah modal ventura atau Venture Capital (VC) dan urun modal atau crowdfunding. Crowdfunding/urun modal dan modal ventura adalah pilihan pendanaan yang bagus untuk bisnis pemula. 

Urun modal memungkinkan orang untuk memberikan modal ke hampir semua hal mulai dari usaha bisnis baru atapun bisnis yang sudah berjalan baik di bidang teknologi hingga real estat dan bahkan amal. 

Salah satu penggunaan urun modal yang paling terkenal dan bertahan lama adalah mengumpulkan uang untuk usaha bisnis baru, inovasi, atau ide besar lainnya, tetapi urun modal membentuk banyak aspek industri layanan, produk, proyek, investasi, dan penyebab atau pengalaman juga. Ini mengubah peran lembaga keuangan di seluruh dunia dan berdampak signifikan pada tren pasar. 

Mari kita lihat beberapa cara urun modal memengaruhi segalanya, mulai dari amal, inovasi, hingga real estat. dan mengubah cara kami mendapatkan pendanaan hari ini. 

Urun Modal untuk usaha bisnis

Ketika Anda memikirkan Urun Modal atau crowdfunding, platform seperti Amartha mungkin muncul di benak Anda, tetapi jumlah situs web crowdfunding Indonesia diperkirakan akan mencapai 50 perusahaan tahun ini! 

Kampanye Urun Modal mengumpulkan urng untuk pendanaan usaha hingga 10 miliar pertahun, cukup menarik buat UMKM. Tersedia opsi berbagi saham, sukuk ataupun obligasi. 

Jika Anda memiliki ide bagus, dan membutuhkan dukungan modal usaha, mungkin ada baiknya mencoba mengumpulkan dana dari masyarakat. Tidak hanya urun modal cara yang bagus untuk meningkatkan modal, tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk menarik minat investor. Banyak investor menyukai urun modal karena ini adalah cara yang bagus untuk mengukur minat. 

Apa itu Urun Modal?

Urun Modal atau crowdfunding yaitu tindakan mengumpulkan uang dari masyarakat melalui populasi yang lebih luas, bukan dari bank atau perusahaan pembiayaan. 

4 Jenis Urun Modal Yang Perlu Anda Ketahui

1. Reward crowdfunding

Jenis crowdfunding atau urun modal ini dapat ditemukan di situs-situs di internet. Anggota yang memberi pendanaan perusahaan baru sering kali diberi insentif, seperti produk gratis atau akses awal untuk melihat layanan baru. 

2. Urun dana ekuitas

Equity crowdfunding, di sinilah investor yang menyediakan dana melakukannya dengan imbalan ekuitas, atau kepemilikan, di perusahaan Anda. Contohnya adalah Amartha. 

3. Urun dana utang atau pinjaman mikro

Jenis crowdfunding ini sedikit lebih rumit dan melibatkan hal-hal seperti obligasi, pinjaman peer-to-peer, dan pembiayaan faktur. Contohnya adalah Amartha yang berkaitan dengan sukuk dan obligasi. 

4. Urun dana donasi

Perusahaan berpartisipasi dalam jenis crowdfunding ini di situs seperti aksiberbagi. Ini mirip dengan memberi penghargaan kepada crowdfunding, tetapi pendukung Anda tidak akan menerima imbalan apa pun (kecuali, tentu saja, pada akhirnya, pembuatan bisnis Anda). 

Sebagian besar dari kita senang memberi untuk tujuan yang kita pedulikan. Berkat meningkatnya platform amal crowdfunding atau urun modal. Banyak tersedia situs urun modal yang memudahkan masyarakat untuk menggalang dana untuk kepentingan sosial untuk mencari amal dan tujuan untuk didonasikan. 

Kampanye penggalangan dana amal yang terkenal mencakup tujuan yang baik seperti termasuk kampanye untuk mengumpulkan uang bagi para penyintas Palestina, dan untuk keluarga seorang cacat atau bencana alam yang terjadi di berbagai belahan dunia. 

Pastikan Anda melakukan riset sebelum menyumbang ke kampanye crowdfunding amal. Meskipun relatif tidak umum, ada beberapa penipuan yang sering terjadi. Jika ragu, hubungi call center penyedia layanan urun modal atau buka halaman resmi di beberapa situs sosial media seperti Facebook. 

Situs crowdfunding biasanya mengharuskan orang untuk mendaftar dengan akun Facebook yang terverifikasi. Pengguna harus menampilkan identitas asli mereka di situs, memungkinkan Anda untuk memeriksa halaman Facebook mereka untuk mengetahui apakah itu sah, atau tidak.

Tidak ada komentar untuk "Equity Crowdfunding, Solusi Mendapatkan Modal untuk UMKM"