Ketahui Manfaat Bermain Lego Beserta Rekomendasi Lego Terbaik untuk Anak

Manfaat Bermain Lego

Ranah Media - Mainan dan anak adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Masa kanak-kanak adalah masa di mana mereka selalu ingin bermain. Sebagai orang tua, diharuskan pandai memilihkan mainan yang tepat untuk anak. Dengan begitu, anak kita bisa mengambil manfaat dari mainan yang kita berikan.

Salah satu jenis mainan edukasi yang bagus bagi anak adalah lego. Permainan asal Denmark ini dapat mengembangkan kecerdasan anak di segala usia. Mainan ini juga bisa mendekatkan hubungan orang tua dan anak apabila dimainkan bersama.


Manfaat Bermain Lego bagi Anak-Anak

Lego menjadi mainan wajib yang harus dimiliki oleh anak, karena mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut manfaat lego bagi anak-anak yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Warna dan Bentuk

Mainan lego bisa dimainkan oleh anak-anak hingga usia dewasa. Tingkat kerumitan lego berbeda-beda, sehingga harus memilih mainan lego yang telah disesuaikan berdasarkan usia. Untuk anak usia 3 hingga 5 tahun, Anda bisa memberikan mereka mainan lego yang sederhana.

Lego Ninjago bisa menjadi sarana untuk anak mengenal ragam bentuk dan juga warna. Anda bisa bertanya seperti “apa warna lego yang kamu pegang itu?” atau bisa juga mengajak si kecil mencari warna lego tertentu. Perlahan, anak akan bisa membedakan warna, bentuk dan ukuran lego yang dia mainkan.

Meningkatkan Kreativitas Anak

Untuk meningkatkan kreativitas anak, mainan lego bisa menjadi pilihan yang tepat. Ketika bermain lego, Anda bisa mengarahkan mereka untuk mengikuti petunjuk cara merangkai agar menjadi bentuk yang sesuai. Atau mereka bisa menyusun lego dengan bebas supaya menjadi bentuk yang mereka inginkan. Dengan begitu, sisi imajinatif dan kreativitas anak bisa terasah dengan baik.

Misalnya anak kesulitan dalam menyusun legonya, Anda bisa menyemangati si kecil untuk tetap berusaha. Jangan membetulkan atau memberi perintah membuat susunan lego yang rumit. Bagaimanapun hasil lego yang telah disusun, Anda tetap harus menghargai agar dia tidak berhenti untuk berlatih merangkai lego yang lebih baik.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Permainan lego ini bisa dimainkan sendiri, bersama orang tua dan juga bersama teman sebaya. Bermain lego bersama teman-temannya bisa memberikan manfaat baik untuk si kecil. Anak bisa berlatih berkomunikasi dan mengemukakan idenya.

Secara tak langsung, dia berlatih untuk bersosialisasi di masyarakat serta lingkungannya. Anak Anda menjadi lebih ramah dan mudah bergaul karena komunikasinya terlatih dengan baik. 

Rekomendasi Lego Terbaik untuk Mainan di Rumah 

Lego Ninjago Decool

Lego bisa menjadi permainan yang penuh manfaat. Salah satunya ialah untuk mengajarkan anak menyelesaikan masalah. Jika dia menemukan kesulitan di tengah merangkai lego, anak akan berusaha menyelesaikan apa yang telah dia mulai. Dari sini, dia bisa belajar tentang problem solving.

Anda bisa menghadiahkan Lego Ninjago Decool 10047 10052 Ninja yang sesuai dengan kriteria di atas. Mainan ini satu setnya berisi 6 kotak, juga terbuat dari bahan plastik yang berkualitas. 

Lego Basic Designer

Mainan lego memiliki aneka bentuk dan ukuran yang menarik. Salah satunya adalah Lego Basic Designer isi 625 pcs. Mainan ini sangat seru dimainkan bersama seluruh keluarga. Anda dan si kecil juga bisa membuat beragam bentuk menarik dari lego ini, sekaligus mengembangkan imajinasi anak melalui permainan satu ini. 

Sahabat yang budiman, demikianlah manfaat yang bisa diperoleh dengan bermain lego beserta rekomendasi lego yang cocok untuk bermain di rumah. Semoga bermanfaat, Sahabat sekalian.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Manfaat Bermain Lego Beserta Rekomendasi Lego Terbaik untuk Anak"