Tari Topeng Bapang, Seni Budaya Khas Malang

Jika kita membahas tentang Malang memang tidak akan ada habisnya karena Malang memiliki segudang budaya yang sangat mempesona. Mulai dari oleh-oleh malang seperti pia mangkok, sari apel, dan bakso frozen hingga seni budaya Malang menjadi daya Tarik sendiri bagi kota ini.

Kali ini kita akan membahas salah satu seni budaya khas Malang yang menarik untuk menambah wawasan kita tentang Malang yaitu Tari Topeng Bapang yang merupakan salah satu dari Tari Topeng Malangan. Tarian ini menggambarkan perjalanan tokoh Bapang dari Banjarpatoman yang konon beliau akan menghadap Prabu Klana Sewandana.

Sesuai Namanya, Tari Topeng Bapang merupakan seni tarian yang dilakukan dengan menggunakan topeng. Bapang sendiri merupakan nama dari salah satu tokoh dalam drama tari topeng di Malang, tokoh ini juga dikenal dengan sebutan Jayasentika. Yaitu seorang Bupati dari Kadipaten Banjapretoman yang berada dibawah kekuasaan Raja Klana Sewandama.

Tari Topeng Bapang memiliki dua dasar gerak yaitu gerak ketegasan dan irama musik. Gerakan ketegasan merupakan simbol kegagahan dari tokoh Bapang yang memang memiliki sosok yang gagah dan perkasa. Sedangkan irama musik adalah Gerakan yang menyesuaikan musik agar tarian ini menjadi sangan menarik.

Tarian Topeng Bapang memiliki Gerakan awalan yaitu hentakan kaki ke tanah lalu pola Gerakan kepala menengok ke kiri dan kanan seiring dengan Gerakan tarian. Selain itu, selama penari melakukan tarian Bapang, tangannya akan selalu terbuka lebar sebagai simbol gagahnya tokoh Bapang.

Terdapat nilai Pendidikan Kearifan lokal Malang pada Tari Topeng Bapang yaitu toleransi antar agama, rasa nasionalis untuk menghargai budaya bangsa, nilai kerja keras, Kerjasama, serta nilai tanggung jawab dan komitmen moral.

MURI pernah mencatatkan rekor dari Tari Topeng Bapang dengan jumlah penari yang sangat banyak. Dengan adanya rekor tersebut diharapkan Tari Topeng Bapang akan terus lestari. Warisan ini wajib dikenalkan kepada anak dan cucu kita kelak nanti.

Melalui keunikan tari Bapang yang sangat menarik, perlu upaya lebih untuk melestarikan seni budaya khas Malang tersebut untuk menjaga keberagaman seni budaya yang menjadi ikon Malang. Upaya tersebut telah dilancarkan kebeberapa sekolah dasar dengan memasukannya kedalam ajaran non-akademik.

Itu adalah sedikit tentang seni budaya khas Malang, Tari Topeng Bapang yang sangat menarik. Semoga seni budaya seperti ini akan selalu lestari dan tidak diakui oleh asing, ya!

Tidak ada komentar untuk "Tari Topeng Bapang, Seni Budaya Khas Malang"