Efek Negatif Gunakan Oli Diesel untuk Mesin Bensin

efek negatif menggunakan oli diesel untuk mesin bensin

Sudah melakukan servis rutin untuk kendaraanmu bulan ini? Yup, jangan sampai menunggu rusak dulu baru pergi ke bengkel. Apalagi jika sampai telat ganti oli, hal itu bisa berakibat serius. Maka pastikan kamu hanya menggunakan oli diesel terbaik dari brand terkenal dari idemitsu ya.

Bukan sembarang oli, setiap jenis kendaraan memiliki oli tersendiri sesuai dengan jenis mesin ataupun bahan bakar yang digunakannya. Nah, apakah kamu penasaran tentang apa yang akan terjadi jika kamu sampai menggunakan oli yang salah? Berikut ini ulasannya!

Akibat Salah Pakai Oli Diesel

Dilansir dari kompas.com, ternyata inilah dampaknya jika kamu sampai salah dan menggunakan oli khusus kendaraan mesin diesel pada kendaraan berbahan bakar bensin.

Suara Mesin Kasar

Efek salah oli yang paling gampang diketahui adalah suara mesin yang tidak halus. Sebagaimana kita tahu bahwa fungsi utama penggunaan oli adalah untuk mengurangi gesekan kasar antar komponen kendaraan. Namun jika sampai salah jenis oli, maka tentunya fungsi ini tidak bisa didapatkan dengan maksimal.

Selain suara, tarikan kendaraan juga biasanya akan lebih berat. Tentu saja hal ini akan membuat anda merasa tidak nyaman tatkala berkendara.

Merusak Komponen Mesin

Karena terdapat perbedaan antara oli yang digunakan dengan kebutuhan yang seharusnya, maka tentu saja komponen internal mesin kendaraan memiliki masa pakai yang cenderung lebih pendek. Dibandingkan efek yang pertama, mungkin akibat ini merupakan salah satu resiko yang sifatnya jangka panjang.

Oleh karena itu, waspadalah jika banyak komponen kendaraan yang cepat aus atau tidak bisa bertahan lama padahal barusa diganti. Bisa jadi inilah salah satu penyebabnya.

Boros Bahan Bakar

Menggunakan oli pada mesin kendaraan yang tidak sesuai juga akan menyebabkan banyak emisi atau gas buang kendaraan mengalami peningkatan. 

Hal ini tentu saja dikarenakan kendaraan yang bekerja lebih keras dan mengalami gesekan antar komponen yang lebih keras. Sehingga kendaraan otomatis harus mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Tentu saja ini akan semakin memburuk kalau harga BBM naik, bukan?

Performa Kendaraan Menurun

Terutama jika kamu sering menggunakan kendaraan untuk mobilitas sehari-hari, kemungkinan kemampuan kendaraanmu tidak akan sama lagi seperti sebelumnya kalau sampai salah pakai oli. 

Apalagi jika harus sering ke bengkel karena rasanya kendaraan menjadi terus-terusan tidak beres, Tentunya ini akan berdampak pada produktifitas harianmu.

Kendaraan Berhenti Seketika

Yang paling berbahaya adalah resiko kendaraan mati total ketika digunakan. Selain terasa menyebalkan apalagi ketika kamu dalam kondisi terburu-buru, hal ini tentu saja bisa membahayakan keselamatanmu dan pengguna jalan yang lain.

Ternyata banyak sekali dampak buruk ketika kita salah memakai oli kendaraan, ya? Jadi, pastikan untuk memilih oli yang tepat untuk kendaraanmu!

Tidak ada komentar untuk "Efek Negatif Gunakan Oli Diesel untuk Mesin Bensin"