Atasi Mual Pada Ibu Hamil Dengan Cara Ampuh Ini

Mual merupakan kondisi yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Terlebih lagi jika baru memasuki awal awal masa kehamilan, intensitas mual sering sekali terjadi. Kondisi mual ini disebut sebagai morning sickness. Meskipun disebut demikian bukan berarti waktu mual hanya terjadi di pagi hari saja, namun dpt terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Gejala ini tidak berbahaya bagi ibu dan janin, karena akan menghilang dengan sendirinya. Beragam cara mungkin telah ibu coba dalam menghilangkannya, salah satunya ialah merubah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, namun ternyata masih ada beberapa cara di bawah ini yang mampu mengatasi rasa mual pada ibu hamil. 

1. Jangan Biarkan Perut Kosong

Penyebab paling utama ibu hamil merasa mual ialah akibat perut kosong belum terisi makanan. Perut yang kosong bisa menimbulkan maag atau yang lebih parah menyebabkan gerd. Jangan biarkan perut Anda kosong, isilah dengan makanan. Usahakan untuk makan sesering mungkin namun dengan porsi yang kecil.

Hindari makan langsung dalam porsi besar dan membuat perut Anda terlalu begah. Hindari makanan atau minuman yang berbau menyengat karena bisa membuat mual bertambah parah. Pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti, pisang, roti gandum, susu, mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual. 

2. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Memenuhi asupan cairan tubuh sebanyak 8 gelas air putih perhari juga dipercaya dapat mengurangi rasa mual. Hindari minuman manis, terlalu dingin, serta alkohol. Minuman tersebut berbahaya bagi bayi, serta menimbulkan morning sickness. Perbanyak konsumsi minuman yang mengandung kalium juga dianjurkan seperti jus pepaya, jus pisang, melon, blewah, serta air kelapa. Menambahkan irisan lemon ke dalam air putih juga dapat menjadi alternatif yang menyegarkan. 

3. Pilih Makanan Yang Tepat

Dalam pemilihan makanan maka dianjurkan untuk menghindari makanan yang terlalu berminyak dan juga pedas. Ganti menu-menu tersebut dengan lebih banyak makanan dengan rasa yang lebih plain atau tawar (seperti telur, buah-buahan dan sayuran yang mengandung zat tepung seperti pisang dan ubi jalar). Perhatikan juga makanan yang dapat memicul mual akibat bau serta rasanya. Makanan rendah lemak seperti yogurt, buah dan sayuran segar, pasta, dan roti bakar atau biskuit gandum utuh juga dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

4. Tidur Yang Cukup

Taukan Anda bahwa kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu pemicu yang menyebabkan mual? Untuk itu disarankan Anda cukup istirahat usahakan tidur 7-8 jak sehari. Lebih baik lagi jika Anda juga menyempatkan untjk tidur siang senejak setiap harinya. Perhatikan juga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Para ahli merekomendasikan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri semi tegak disertai bantal yang menyanggah tubuh bagian atas ibu hamil. Posisi tidur miring ke kiri memberikan banyak manfaat bagi keamaan dan kenyamanan bagi ibu. Dengan tidur miring ke kiri, Anda akan memaksimalkan sirkulasi darah dan dapat memberikan darah yang penuh oksigen serta nutrisi untuk si kecil tanpa perlu menekan organ hati. 

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan guna mengatasi mual pada ibu hamil. Semoga tips di atas membantu, selamat mencoba!

Tidak ada komentar untuk "Atasi Mual Pada Ibu Hamil Dengan Cara Ampuh Ini"