Waspadai 5 Penyakit yang Paling Rentan Menyerang Anak Remaja Berikut Ini!

Perlu Anda ketahui, bahwa usia remaja merupakan usia yang rentan terserang penyakit tertentu. Baik itu mulai dari masalah gizi sampai dengan gangguan kesehatan mental. Ini wajar mengingat usia remaja sedang memasuki usia labil dan memiliki tingkat stress yang tinggi.

Dalam hal ini, peran orang tua perlu untuk memiliki asuransi rawat inap dan rawat jalan agar si buah hati memiliki perlindungan secara finansial untuk segala jenis perawatan yang dibutuhkan. Kendati demikian, tahukah Anda mengenai apa saja penyakit yang umumnya menyerang usia remaja. Apabila Anda penasaran dan ingin tahu lebih jelasnya, bisa simak informasinya berikut ini berdasarkan situs kesehatan Hellosehat dan situs kesehatan Halodoc:

Gangguan kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental umumnya disebabkan karena depresi yang dialami oleh remaja. Apabila kondisi ini dibiarkan secara terus menerus, maka bisa berakibat fatal ke depannya. Sebagai cara untuk mengatasinya, maka orang tua perlu membangun keterampilan hidup dan berbagai edukasi psikososial untuk mendukung kesehatan mental pada anak. Apabila muncul masalah, maka orang tua bisa mendeteksi dan membantu mengelolanya.

Gangguan makan

Menginjak usia remaja, biasanya seseorang akan mengalami yang namanya gangguan makan yang memang sering muncul tanpa bisa dicegah. Sebagian besar remaja biasanya sering kali salah memahami kondisi ini sebagai pilihan gaya hidup. Beberapa gangguan makan yang umum dialami remaja yakni seperti nervosa, bulimia nervosa dan lain sebagainya. Gangguan makan tersebut umumnya merupakan penyakit serius yang mana jika dibiarkan akan berakibat fatal dan bisa mengubah perilaku makan, pikiran dan emosi.

Masalah obesitas

Penyakit lain yang juga sering kali dialami oleh remaja yakni obesitas. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan masalah psikologis termasuk kecemasan, depresi, gangguan kepercayaan diri dan juga intimidasi. Umumnya, kondisi obesitas ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya yakni seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang berkalori tinggi, bergizi rendah dan kurangnya melakukan aktivitas fisik sehari - hari.

Kecanduan rokok

Rata – rata hampir sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan merokok akan melakukannya ketika mereka masih berusia remaja. Terlebih lagi seperti yang kita ketahui, bahwa usia remaja menjadi ajang untuk coba – coba yang pada akhirnya mengakibatkan kecanduan. Merokok di usia remaja umumnya dapat menyebabkan bahaya yakni terjadinya gangguan pada organ paru – paru dan fungsi organ tubuh lain lebih dini. 

Diabetes

Tidak hanya orang dewasa saja, penyakit diabetes juga bisa menyerang usia remaja. Kondisi ini bisa terjadi karena disebabkan gaya hidup remaja yang kerap kali mengonsumsi makanan dan minuman manis setiap hari. Dalam hal ini, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk selalu mengawasi pola makan dan kebiasaan olahraga pada anak agar kondisi kesehatannya dapat tetap terjaga dengan baik.

Dari beberapa penyakit yang rentan menyerang usia remaja di atas, Anda sebagai orang tua memiliki peranan penting untuk selalu memberikan perlindungan kesehatan bagi buah hati. Salah satunya yakni dengan memiliki asuransi rawat inap dan rawat jalan sebagai jaminan perlindungan kesehatan paling tepat.

Tidak ada komentar untuk "Waspadai 5 Penyakit yang Paling Rentan Menyerang Anak Remaja Berikut Ini!"