Apa Manfaat Obat Herbal Bagi Kesehatan?

Manfaat Obat Herbal Bagi Kesehatan

Meski zaman terus berganti, obat herbal masih menjadi andalan sebagian orang untuk memulihkan atau untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa alasan mengapa obat herbal masih menjadi primadona bagi orang-orang yang mengutamakan gaya hidup sehat.

Pasalnya, obat herbal dinilai lebih aman, mudah didapatkan terjangkau serta berkhasiat saat dikonsumsi. Hal inilah yang membuat obat herbal masih eksis meskipun secara efektivitas harus bersaing dengan obat-obatan kimia.

Di Indonesia, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) membagi obat herbal dalam tiga jenis, yaitu obat tradisional, obat herbal terstandar dan fitofarmaka.

Mengingat bahan-bahan obat herbal berasal dari sumber alami, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa sobat rasakan ketika mengonsumsi obat herbal. Yuk langsung disimak!

Minim Efek Samping

Umumnya, obat herbal lebih ‘bersahabat’ dengan tubuh sobat. Saat dikonsumsi pada dosis yang dianjurkan, obat ini tidak memberikan efek samping yang berlebihan bahkan minim.

Mengonsumsi obat-obatan herbal juga bisa mengurangi ketergantungan orang pada obat sintetis serta efek sampingnya. Namun, tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat herbat ketika resep obat kimia masih berjalan.

Memberikan Kesehatan Holistik

Obat herbal mampu memberikan manfaat kesehatan secara holistik dan menjaga keseimbangan dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi obat herbal juga memberikan pengetahuan kepada konsumen untuk mencegah penyakit, mengelola kondisi dan menunjang penyembuhannya.

Apabila sudah terbiasa dengan obat herbal, tubuh sobat akan merasakan dampak positifnya dan mendorong perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik lagi.

Lebih Terjangkau


Meski beberapa penyakit telah ditanggung oleh BPJS maupun asuransi. Pergi ke dokter untuk menebus resep berkali-kali tentunya akan membuat pengeluaran sobat membengkak.

Namun, obat herbal bisa sobat jadikan alternatif sebagai pengobatan yang lebih terjangkau. Pasalnya, bahan-bahan alami sebagai bahan dasar obat ini mudah ditemukan. Seperti jahe, kunyit, temulawak, madu dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa sobat rasakan jika mengonsumsi obat-obatan herbal. Jika masih meminum resep obat kimia dan berniat mencoba mengonsumsi obat herbal. Sebaiknya, lakukan konsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebab, interaksi obat antara obat herbal dan obat kimia bisa saja justru semakin memperparah kondisi kesehatan sobat. Oleh sebab itu, penting sekali untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.  

Untuk mengetahui informasi mengenai obat-obatan yang lebih lengkap, silakan kunjungi laman pafikotapontianak.org. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Apa Manfaat Obat Herbal Bagi Kesehatan?"