7 Manfaat Pepaya yang Bisa Kamu Rasakan Jika Rutin Mengonsumsinya

Ranah Media - Gangguan pencernaan bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kurang serat, kurang air, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Untuk mengatasinya, tentu banyak cara yang kamu lakukan. Namun, solusi alami yang banyak direkomendasikan adalah rutin mengonsumsi buah-buahan kaya serat seperti pepaya

Sejak dulu, buah ini memang terbukti ampuh membantu melembutkan kotoran dan membuat proses pembuangan lebih lancar. Tapi, tahukah kamu, tak hanya baik untuk sistem pencernaan, buah ini juga memiliki banyak manfaat lain yang juga luar biasa, lho. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 7 manfaat pepaya yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsinya. 

Manfaat Pepaya yang Bisa Kamu Rasakan

Apa saja manfaat pepaya? Selain baik untuk sistem pencernaan, inilah 7 manfaat pepaya lainnya yang bisa kamu rasakan. 

1. Menurunkan kolesterol

Buah pepaya memiliki kandungan serat, vitamin, dan antioksidan. Kandungan itu sangat efektif untuk mencegah penumpukan dan menurunkan kolesterol dalam darah. 

Semakin banyak kolesterol yang menumpuk, tentu akan mengganggu kelancaran aliran darah seseorang sehingga penyumbatan yang terjadi bisa memicu serangan jantung dan stroke. Untuk itu, rutin mengonsumsi buah pepaya bisa membantu kamu menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

2. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang menjalani program diet atau penurunan berat badan, tentu dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya secara rutin. Bahkan, banyak yang merekomendasikan buah ini sebagai camilan sehat penunda lapar. 

Anjuran itu tentu tidak sembarangan. Direkomendasikannya buah ini tidak lain karena jumlah kalorinya yang rendah. Sebagai perbandingan, pepaya berukuran sedang hanya mengandung 120 kalori saja. 

Namun, seratnya memiliki keunggulan dalam menjaga rasa kenyang lebih lama. Akibatnya, kamu lebih mudah mengontrol rasa lapar sehingga lebih mudah menekan keinginan untuk makan. 

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Hanya dengan makan satu buah pepaya, maka kebutuhan vitamin C harian kamu terpenuhi hingga 200%. Vitamin C sendiri memainkan peran penting sebagai antioksidan. Terutama, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan terjaganya sistem imun, maka tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. 

4. Baik dikonsumsi penderita diabetes

Meskipun pepaya memiliki rasa yang manis, namun kandungan gula di dalamnya terbilang rendah. Apalagi, indeks glikemiknya pun demikian.

Alasan inilah yang membuat pepaya menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Selain itu, fitonutrien di dalamnya juga berperan penting untuk menekan munculnya risiko diabetes. 

5. Menjaga kesehatan mata

Selain vitamin C, pepaya juga tinggi akan vitamin A dan jenis flavonoid lainnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. 

Kombinasi semua nutrisi tersebut berperan dalam menjaga selaput lendir mata agar tetap sehat. Efek panjang mengonsumsi buah ini secara rutin, yaitu mencegah terjadinya degenerasi makula pada mata. 

6. Mencegah radang sendi

Salah satu manfaat buah pepaya yaitu menjaga sendi tetap sehat. Caranya, kamu rutin mengonsumsi buah ini setiap hari. Buah pepaya merupakan sumber antiinflamasi dan vitamin C yang baik dalam menjaga kesehatan sendi. Saking pentingnya, tubuh yang kekurangan vitamin C memiliki risiko 3 kali lebih besar mengalami arthritis atau radang sendi. 

7. Menjaga sistem pencernaan

Seperti penjelasan di awal, buah pepaya memang dikenal baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Hal ini tidak lain karena kandungan zat papain di dalamnya berfungsi untuk menjaga hal itu. Kandungan lain seperti serat dan enzim juga berperan sama, yaitu menjaga kerja sistem pencernaan tetap optimal. 

Nah, itulah 7 manfaat pepaya yang bisa kamu rasakan. Ternyata, jika mengonsumsi buah ini setiap hari, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Tak hanya untuk pencernaan saja, tapi juga sebagai antikanker alami. Bagi kamu yang ingin membeli buah pepaya, kamu bisa lho membelinya secara online di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan pepaya juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

1 komentar untuk "7 Manfaat Pepaya yang Bisa Kamu Rasakan Jika Rutin Mengonsumsinya"

  1. artikelnya bagus dan bermanfaat jika membutuhkan referensi bisa cek di sini http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1296-manfaat-pepaya-bagi-kesehatan-2#:~:text=Pepaya%20yang%20mengandung%20vitamin%20C,Mengurangi%20risiko%20kanker.

    BalasHapus

Posting Komentar